PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIISMP SUPARNA NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1118

Keywords:

Model Pembelajaran Learning Cycle, Perpindahan Kalor

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Learning Cycle pada materi perpindahan kalor terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Suparna Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-eksperimen desaign dan rancangan penelitian one group pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Suparna Nanga Taman yang terdiri atas tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling hingga diperoleh kelas VII C SMP Suparna Nanga Taman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran data dengan tes pilihan ganda dan teknik observasi langsung. Hasil analisis diperoleh kesimpulan; 1) Hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor sebelum diberikan pembelajaran menggunakan model learning cycle tergolong cukup yaitu rata-rata nilai pre-test siswa 59,29. 2) Hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor setelah diberikan pembelajaran menggunakan model learning cycle tergolong baik yaitu rata-rata nilai post-test siswa 66,07. 3) Dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai  lebih besar dari pada nilai, dimana nilai adalah 8,47 dan  adalah 2,000, maka Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor di kelas VII C SMP Suparna Nanga Taman sebelum dan setelah diberikan pembelajaran menggunakan model leaning cycle. 4) Aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model learning cycleyaitu total aktivitas siswa 86,82% dengan kategori baik sekali, artinya aktivitas belajar siswa saat diterapkan model pembelajaran learning cycle pada materi perpindahan kalor di kelas VII C SMP Suparna Nanga Taman tergolong baik sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Veriska Kristina, IKIP PGRI Pontianak

 Veriska Kristina1, Eti Sukadi2

Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak, Jalan Ampera No. 88 Pontianak

eka_veriska@yahoo.com

References

Arikunto. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kulsum, U., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7 (2011): 128- 133.

Made Wena. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Perpindahan Kalor. Tersedia: mafia.mafiaol.com/2012/12/perpindahan-kalor-secara-konduksi.html?m=1.

PerpindahanKalor.Tersedia:www.trendilmu.com/2016/01/perpindahan.kalor.secara.konduksi.dan.konveksi.html?m=1.

Perpindahan Kalor. Tersedia: kerja-safety.blogspot.co.id/2011/02/perilaku-api-perpindahan-panas.html?m=1.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siti Asiyah, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Macromedia Flash Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas Viii Smpn 4 Surakarta.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Sumarna Surapranata. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. Trianto (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

http://www.stat.ufl.edu/~athienit/Tables/Ztable.pdf

Ummi. Ummi (2015) .Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Di Kelas XI IPA MAN Sanggau Ledo. Pontianak: Tidak Diterbitkan.

Widagdo. (2004). Pokok-Pokok Fisika SMP Untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Widodo. (2008). Metode Peneltian Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan Dan Pencetakan UNS Press

Downloads

Published

2019-11-12

How to Cite

Kristina, V., & Sukadi, E. (2019). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIISMP SUPARNA NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1118