PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN KERANGK KERJA TPCK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DIKELAS VII MTS NAHDHATUL ATFHAL SUNGAI AMBAWANG

Authors

  • Lisa Susanti IKIP-PGRI PONTIANAK
  • Handy Darmawan
  • Boisandi Boisandi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1176

Keywords:

Pembelajaran Generatif, TPCK(Technological Pedagogical And Content Knowledge), hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya di kelas VII Mts Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang sebelum dan setelah di terapkan model pembelajaran Generatif dengan Kerangka Kerja TPCK. Metode yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group pretest-posttest design. Instrumen dalam pengumpulan data adalah tes tertulis dalam bentuk Essay yang di ujikan kepada 27 orang siswa yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran generatif dengan kerangka kerja TPCK sebesar 48,00 dengan standar deviasinya 13,29 dan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK 72,96 dengan standar deviasinya 10,40. Dari hasil analisis menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh  yaitu 4,54 > 1,645. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Generatif dengan Kerangka Kerja TPCK dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lisa Susanti, IKIP-PGRI PONTIANAK

There are no results that betray the results

References

Andriani, G. A. K. R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus l Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan . 2(1).

Depdiknas. (2006). Peningkatan kualitas pembelajaran. Derektoral Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Lefudin, Marco. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Generatif. Tersedia pada http://marco-lefudin.blogspot.com/2011/11/penerapan-model-pembelajaran-generatif.html (diakses tanggal 11 Desember 2013).

Lisna Nafikah. Skripsi. Pengaruh Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Kalor. (Quasi Eksperiment di SMP Aulia Bogor).

Sugiyono.2014. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.

Boisandi. Darmawan, H. 2017. Meta Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme pada Materi Fisika di Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Al-BiRuNi. 06 (2). (2017).hal 179-185. ISSN: 2503-023X.

Downloads

Published

2019-11-12

How to Cite

Susanti, L., Darmawan, H., & Boisandi, B. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN KERANGK KERJA TPCK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DIKELAS VII MTS NAHDHATUL ATFHAL SUNGAI AMBAWANG. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1176