Penerapan Model PembelajaranInkuiriTerhadapKeterampilan Proses SainsSiswa pada MateriGetaran dan Gelombang VIII MTs Negeri Siantan

Authors

  • Tessa Helendriani SMA Negeri 1 Sintang, Sintang, Kalimantan Barat
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.917

Keywords:

keterampilan proses sains, inkuiri, getaran dan gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional dan inkuiri pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Negeri Siantan, perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dan konvensional  pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Negeri Siantan, besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Negeri Siantan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan non equivalent groups posttest-only. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan alat pengumpul data  esessai untuk mengukur keterampilan proses sains. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Siantan kelas VIII A dan kelas VIII D semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang diambil secara cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional tergolong kurang baik yaitu sebesar 60,56; keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri tergolong baik yaitu sebesar 79,56; hasil uji U Mann Whitney diperoleh besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa yaitu  = 2,54 tergolong tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Negeri Siantan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Rustaman, Nuryani. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nirwana,dkk. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar pada Model Latihan Inkuiri, 2 (3).

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:Ghalia Indonesia.

Rahmani, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 10 (2), 80.

Usdalifat, S, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3), 9.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

Helendriani, T., & Saputri, D. F. (2018). Penerapan Model PembelajaranInkuiriTerhadapKeterampilan Proses SainsSiswa pada MateriGetaran dan Gelombang VIII MTs Negeri Siantan. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 1(1), 13–16. https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.917