PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DAN MODEL EKSPOSITORI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI KALOR SMP NEGERI 1 NGABANG

Authors

  • mita sophiyanti IKIP PGRI PONTIANAK PENDIDIKAN FISIKA

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.901

Keywords:

pendidikan fisika

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar penerapan model siklus belajar empiris induktif dan model ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi kalor kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah Factorial Design dan rancangan penelitian Factorial Design 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII A dan VII G sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran berupa tes essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada materi kalor yang diterapkan model siklus belajar empiris induktif yaitu 78,05 dan rata-rata hasil belajar diterapkan model ekspositori yaitu 71,125. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis anova dua jalan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh P-value 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan hasil perhitungan uji Kruskal Wallis anova dua jalan untuk model pembelajaran menggunakan metode yakni terdapat pengaruh dengan P-value 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan terdapat interaksi antara model siklus belajar empiris induktif dan model ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

sophiyanti, mita. (2018). PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DAN MODEL EKSPOSITORI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI KALOR SMP NEGERI 1 NGABANG. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.901