PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR MENULIS EKSPLANASI DITINJAU DARI ASPEK MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Dhinda Permata Neriasari Universitas Widya Dharma Klaten
  • Esti Ismawati Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghitung besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar siswa, dan interaksi antara penggunaan model pembelajaran PBL dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi hasil belajar siswa menulis eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis quasi. Variabel bebasnya model pembelajaran PBL dan motivasi belajar siswa, sedangkan variabel terikatnya hasil prestasi belajar siswa menulis eksplanasi. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dengan uji hipotesis analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model Problem Based Learning lebih efektif daripada metode ceramah; motivasi belajar siswa tinggi, dan tidak ada interaksi antara penerapan model pembelajaran PBL dan motivasi belajar siswa terhadap hasil prestasi belajar siswa menulis eksplanasi.
Kata kunci: Problem Based Learning, motivasi belajar, menulis eksplanasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR MENULIS EKSPLANASI DITINJAU DARI ASPEK MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 436–447. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024