PENGEMBANGAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Elly Syahadati IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Iqbal Ripo Putra IKIP PGRI Pontianak
  • Ageung Darajat IKIP PGRI Pontianak
  • Dian Shinta Sari IKIP PGRI PontianakPENGEMBANGAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARANBAHASA INGGRIS DI SMP

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1130

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengembangan kosakata Bahasa Inggris dan kualitas penggunaan Word Square sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian adalah penelitian RnD (Penelitian dan Pengembangan). Sebanyak 22 siswa kelas tujuh MTs Al- Fatwa Kubu Raya sebagai subyek penelitian ini. Penelitian pengembangan ini mengikuti tujuh langkah penelitian, meliputi : 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi desain, 6) uji coba lapangan, dan 7) revisi dan penyempurnaan produk. Hasil analisis kebutuhan mengungkapkan bahwa subjek membutuhkan media yang nyata dengan warna yang menarik. Temuan lainya menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa Inggris berupa word square layak digunakan bagi siswa SMP/MTs. Dapat disimpulkan bahwa Word Square dapat diaplikasikan sebagai media dalam proses pembelajaran di kelas
Kata kunci: word square, kosakata bahasa inggris, smp/mts, penelitian dan pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-16

How to Cite

Syahadati, E., Putra, M. I. R., Darajat, A., & Sari, D. S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 10–18. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1130