KOMPETENSI PROFESIONAL GURU GEOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMA NEGERI 10 SINGKAWANG

Ihsan Nurhakim, Ivan Veriansyah

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan pembelajaran geografi melalui kompetensi profesional guru geografi dalam proses pembelajaran materi Lingkungan Hidup di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Singkawang. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif berjenis deskriptif dan asosiatif yaitu menggunakan APKG 1  dan 2 sebagai alat ukur. Dari hasil penelitian APKG 1 memperoleh nilai 3,65 dengan karegori sangat baik dan APKG 2 memperoleh nilai 3,35 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil angket 75,52 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi profesional guru geografi dapat mengembangkan proses pembelajaran materi Lingkungan Hidup kelas XI SMA Negeri 10 Singkawang dengan kategori sangat baik.

Keywords


kompetesi profesional guru, proses pembelajaran, lingkungan hidup.

Full Text:

Download PDF

References


Aminah, S. 2008. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Guru Kimia dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa. Tesis Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jawa Tengah.

Andrianto, H. 2008. Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega8535. Informatika. Bandung: Erlangga.

Arikunto, S. 2016. Statistika Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.

Arikunto, S. 2015. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriani, D. M. 2011. Hubungan antara Persepsi terhadap Word Of Mouth (WOM) dengan Intensi Makan Vegetarian pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponorogo Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 10(1): 172-183.

Ginting, S. H. 2008. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: Usu Press.

Rosadi, I. 2001. Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan melalui Capabilities-Based Competition: Memikirkan Kembali tentang Persaingan Berbasis Kemampuan. Jurnal BENEFIT, 5(1): 35-48.

Setriani, L. 2017. Persepsi Mahasiswa tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: 238-246.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Rienika Cipta.

Sukmadinata, N. S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Tamyong, A. T. 2015. Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang. (1989). Sistem Pendidikan Indonesia Nomor 2. Jakarta: Kepmen.

Undang-Undang. 2015. Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang RI Pasal 10 Ayat 1. 2015. Jakarta: Seketariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.

Usman, U. 2015. Profesi Keguruan dan Pendidikan. Bandung : Citra Umbara.

Wardani, I. K. 2009. Mengurangi Persepsi Negatif Siswa tentang Konselor Sekolah dengan Strategi Pengubahan Pola Pikir C. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Prodi BK FIP Unesa), 10(2): 234.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

VISITORS STAT:

View Statistics



Maps:

ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (online)

 

Diterbitkan oleh:

IKIP PGRI Pontianak

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Creative Commons License

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.