[RETRACTED] Peningkatan Keterampilan Menyimak Komprehensif dan Kritis dengan Metode Resitasi pada Mahasiswa

Authors

  • Wiendi Wiranty Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1082

Keywords:

menyimak komprehensif dan kritis, resitasi, PTK

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil peningkatan keterampilan  menyimak komprehensif dan kritis dengan metode resitasi pada mahasiswa.  Masalah penelitian adalah bagaimana proses dan hasil meningkatkan keterampilan menyimak komprehensif dan kritis menggunakan metode resitasi? Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpul data menggunakan teknik komunikasi langsung, observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan angket, panduan observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Siklus I terjadi peningkatan menjadi 60,01% dan siklus II mencapai 78,50%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode resitasi pada mata kuliah menyimak komprehensif dan kritis dinyatakan dapat meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iskandar. 2012. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi.

Murniasih, R. & Fayeldi, T. 2017. Metode Resitasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrograman Komputer. Jurnal Edukasi. IV(1): 8-12.

Tarigan, H. G. 1997. Keterampilan Menyimak, Modul 1-5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, H. G. 1994. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memperngaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman, A. M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwandi, S. 2011. Peneltian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pressindo.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Wiranty, W. (2019). [RETRACTED] Peningkatan Keterampilan Menyimak Komprehensif dan Kritis dengan Metode Resitasi pada Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 112–120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1082

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)