Pengaruh Kemampuan Berhitung dan Menyederhanakan Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Trigonometri

Authors

  • Yadi Ardiawan Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1293

Keywords:

kemampuan berhitung, kemampuan menyederhanakan bentuk aljabar, kemampuan menyelesaikan masalah Trigonometri, the ability to count, the ability to simplify the form of algebra, the ability to solve Trigonometric problems

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengukur pengaruh kemampuan berhitung dan kemampuan menyederhanakan bentuk aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan masalah Trigonometri. Metode penelitian adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak yang mengambil mata kuliah Trigonometri tahun akademik 2017/2018 sebanyak 100 orang yang terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas AP, BP, dan CP. Sampel adalah mahasiswa kelas AP dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah tes kemampuan menghitung, menyederhanakan bentuk aljabar, dan menyelesaikan masalah Trigonometri dalam bentuk esai yang terdiri dari 5 butir soal untuk masing-masing tes. Teknik analisis data menggunakan uji parametrik. Hasil penelitian adalah: (1) Terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan masalah Trigonometri sebesar 23,4%; (2) Terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan menyederhanakan bentuk aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan masalah Trigonometri sebesar 19,9%; dan (3) Terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara kemampuan berhitung dan kemampuan menyederhanakan bentuk aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan masalah Trigonometri sebesar 29%.

 

Abstract

The research aims to measure the effect of the ability to count and to simplify the form of algebra on the ability to solve Trigonometric problems. The research method was descriptive with a form of relationship study research. The research population was all students of Mathematics Education of IKIP PGRI Pontianak taking Trigonometry courses in the academic year 2017/2018 were 100 people divided into 3 classes, namely AP, BP, and CP classes. Samples are AP class students with a cluster random sampling technique. The measuring instrument used the ability to calculate tests, simplify the form of algebra, and solve Trigonometry problems in the form of essays consisting of 5 items for each test. Data analysis techniques used parametric. The results of the research: (1) There is a positive influence between the ability to count on the ability to solve Trigonometry problems by 23.4%; (2) There is a positive influence between the ability to simplify the form of algebra to the ability to solve Trigonometry problems by 19.9%; and (3) There is a positive influence jointly between the ability to count and the ability to simplify the form of algebra on the ability to solve trigonometric problems by 29%.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. 2012. Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Jurnal Ilmiah Didaktika, 8(1): 183-196.

Agustina, E. N. S. 2016. Konsep Aljabar yang Terlupakan. Jurnal Edukasi, 2(1): 25-34.

Ardiawan, Y. 2015. Efektivitas Pendekatan Scientific dalam Mata Kuliah Trigonometri pada Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Aksioma, 4(2): 30-41.

Gunawan, A. 2016. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2): 216-225.

Imelda. 2018. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Aljabar dan Trigonometri. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 4(1): 49-46.

Julian, R. S., Bennu, S., & Lefrida, R. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dalam Menyelesaikan Soal Operasi Pecahan Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2): 248-262.

Jingga, A. A., Mardiyana, & Setiawan, R. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(5): 48-62.

Marlina, R. & Purwadi. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Model Pembelajaran Kooperatif Struktural Permainan Ular Tangga TK Marta’ush Shibyan Singocandi Kudus. Jurnal Penelitian PAUDIA, 3(2): 63-83.

Nurlaela, L., Budiyono, & Purwoko, Y. R. 2018. Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Berhitung terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VII SMP/MTs Se Kecamatan Alian. Jurnal Ekuivalen Pendidikan Matematika, 35(1): 52-63.

Romlah, M., Kurnih, N., & Wembrayarli. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2): 72-77.

Ugi, L. A., Djadir, & Darwis, M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis, 4(1): 34-50.

Yensy, N. A. 2018. Diagnosis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Perhitungan Peluang pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4): 145-150.

Widiyanti, P., Zubaidah, & Yani, A. 2015. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9): 1-17.

Widodo, S. A. & Sujadi, A. A. 2015. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. Jurnal Sosiohumaniora, 1(1): 51-63.

Zubainur, C. M., Dazrullisa, & Marwan. 2017. Kesalahan Siswa pada Materi Aljabar melalui Pembelajaran oleh Calon Guru yang Mendapat Pendampingan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1): 68-79.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Ardiawan, Y. (2019). Pengaruh Kemampuan Berhitung dan Menyederhanakan Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–134. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1293

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)