Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi

Authors

  • Chandra Lesmana Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Muhamad Arpan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Ambiyar Ambiyar Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Wakhinuddin Wakhinuddin Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Erni Fatmawati Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1528

Keywords:

respons mahasiswa, program matrikulasi, pendidikan karakter, multimedia, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, student responses, matriculation, character education, software engineering, computer networks

Abstract

Abstrak

Program matrikulasi penting dilakukan sebagai persiapan bagi mahasiswa baru dalam menerima pembelajaran pada saat perkuliahan berlangsung. Penelitian bertujuan untuk mendeskripkan respons mahasiswa Program Studi Pendidikan TIK IKIP PGRI Pontianak tentang kegiatan matrikulasi yang dilaksanakan. Metode penelitian yaitu deskriptif. Responden penelitian yaitu seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan matrikulasi tahun akademik 2019/2020 sebanyak 112 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 74,11% responden “Sangat Setuju†matrikulasi diadakan untuk topik Pendidikan Karakter; 77,68% responden “Sangat Setuju†matrikulasi diadakan untuk topik Multimedia; 66,96% responden “Sangat Setuju†matrikulasi diadakan untuk topik Rekayasa Perangkat Lunak; dan 63,39% responden “Sangat Setuju†matrikulasi diadakan untuk topik Jaringan Komputer.

 

Abstract

The matriculation program is important as a preparation for new students to receive learning during lectures. The research aims to describe the response of ICT Education Teachers' Training Program IKIP PGRI Pontianak about matriculation activities carried out. The research method is descriptive. Research respondents were all students who participated in the matriculation activities of the 2019/2020 academic year as many as 112 people. The research instrument used a closed questionnaire. The data analysis technique used is descriptive-quantitative. Based on the results of the analysis of research data, it can be concluded that: 74.11% of respondents "Strongly Agree" matriculation was held for the topic of Character Education; 77.68% of respondents "Strongly Agree" matriculation was held for the topic of Multimedia; 66.96% of respondents "Strongly Agree" matriculation was held for the topic of Software Engineering; and 63.39% of respondents "Strongly Agree" matriculation was held for the topic of Computer Networks.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Y. 2012. Kemampuan Subject Specific Pedagogy Calon Guru Biologi Peserta Program Pendidikan Profesional Guru (PPG) yang Berlatar Belakang Basic Sains Pra dan PosWorkshop. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 157-162.

Azwar, S. 1998. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Gunawan, A. 2016. Pengaruh Kegiatan Matrikulasi Pendidikan Seks dan Kesadaran tentang Bahaya Pornografi terhadap Karakter Peserta Didik. Tsamrah al-Fikri, 10(2016): 155-172.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hartati, M. 2017. Respon Mahasiswa mengenai Pelaksanaan Matrikulasi bagi Mahasiswa Baru IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2): 243-252.

Herwandar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. 2012. Evaluasi Program Matrikulasi “TOEFL†Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3): 179-188.

Jeremy, K., Douglas, L. V., Harry, B., & Deborah, B. 2012. Perceptions of College Students on Social Factors that Influence Student Matriculatioan. College Student Journal, 46(3): 653-664.

Kaptiningrum, P. & Mubarok, Z. 2016. Efektivitas Program Matrikulasi Bahasa untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking Mahasiswa STAIBN Tegal. Shahih, 1(2): 149-165.

Meinarno, E. A. &Sarwono, S. W. 2010. Psikologi Sosial Edisi 2. Salemba: Penerbit Salemba Humanika.

Misran, N., Aziz, N. A., Arsad, N., Hussain, H., Zaki, W. M. D. W., &

Sahuri, S. N. S. 2012. Influencing Factors for Matriculation Students in Selecting University and Program of Study. UKM Teaching and Learning Congress, 60(2012): 567-574.

Mitchell, A. B. & Stewart, J. B. 2012. The Effects of Culturally Responsive Mentoring on the High School to College Matriculation of Urban African American Males. A Journal on Black Men, 1(1): 79-93.

Mudzalir, A. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Nurnberg, P., Schapiro, M., & Zimmerman, D. 2012. Students Choosing Colleges: Understanding the Matriculation Decision at a Highly Selective Private Instution. Economics of Education Review, 31(1): 1-8.

Prasad, J. J., Showler, M. B., Ryan, A. M., Schmitt, N., & Nye, C. D. 2017. When Belief Precedes Being: How Attitudes and Motivation before Matriculation Lead to Fit and Academic Performance. Journal of Vocational Behavior, 100(June 2017): 27-42.

Purwanto, M. N. 1986.Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya

Rektor Universitas Indonesia. 2008. Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 008/SK/R/UI/2008 tentang Penyelenggaraan Perkuliahan Matrikulasi untuk Program Magister dan Doktor di Universitas Indonesia dalam http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/4192.pdf. Diakses tanggal 29 September 2019.

Rosliana, N., Permanasari, A., & Sudargo, F. 2014. Gambaran Hasil Belajar Matrikulasi Kimia Kesehatan di Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Dharma Husada Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2): 187-194.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Pustaka Setia.

Soekanto, S. 2007. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: P.T.Raja. Grafindo.

Sunaiyah, S. 2018. Program Matrikulasi pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 1(1): 115-133.

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syahadati, E., Rodhi, & Sari, D. S. 2018. Persepsi Mahasiswa terhadap Matrikulasi Mahasiswa Baru. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1): 16-24.

Downloads

Published

2019-12-26

How to Cite

Lesmana, C., Arpan, M., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Fatmawati, E. (2019). Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 227–237. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1528

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)