Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak

Authors

  • Sri Koriaty Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Muhammad Dwi Agustani Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.360

Keywords:

game edukasi, research and development, model Borg & Gall

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan penggunaan game edukasi, (2) Mengetahui minat siswa terhadap game edukasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Metode pengembangan mengacu pada model Borg & Gall. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X TKJ B SMK Negeri 7 Pontianak dengan teknik penentuan sampel yaitu purposive sample. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) validasi game yang dilakukan oleh 2 validator mendapatkan nilai 81,82% dapat dikategorikan sangat baik / sangat layak. (2) minat siswa terhadap game edukasi dapat dikategorikan sangat tinggi dapat dilihat dari perolehan skor sebesar 50% berada pada kategori sangat tinggi yang diwakili oleh 17 responden; 47,06% berada pada kategori tinggi yang diwakili oleh 16 responden; dan 2,94% pada kategori cukup yang diwakili oleh 1 responden. Sementara untuk kategori rendah dan kategori sangat rendah tidak terwakili di dalam subjek penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-04

How to Cite

Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 277–288. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.360

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)