Analisis Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Praktik Lapangan

Authors

  • Mai Yuliastri Simarmata Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Idham Azwar PPKn, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Kamaruzamman Kamaruzamman Bimbingan dan Konseling, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.410

Keywords:

kemampuan dasar mengajar, PPL

Abstract

Penelitian dilakukan pada mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan IKIP PGRI Pontianak Tahun Akademik 2016/2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran pada saat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa panduan wawancara dan angket. Subjek penelitian adalah 87 sekolah yang ada di 14 Kabupaten Kota di Kalimantan Barat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar mengajar mahasiswa dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan cukup baik. Hal tersebut tampak pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa dalam melaksanakan praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Simarmata, M. Y., Azwar, I., & Kamaruzamman, K. (2017). Analisis Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Praktik Lapangan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 105–115. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.410

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)