Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak

Authors

  • Mesterianti Hartati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411

Keywords:

analisis, cerita pendek, tugas mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui unsur pembangun dari cerita pendek yang dikarang oleh mahasiswa. Cerita pendek tersebut merupakan satu diantara tugas mata kuliah Fiksi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, berbentuk kualitatif dalam bentuk kata-kata atau gambar-gambar. Adapun data berupa unsur intrinsik yang bersumber dari cerita pendek mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak. Penelitian merupakan deskripsi artikel dokumenter karena yang dikaji berupa cerita pendek hasil karya mahasiswa. Penelitian bermaksud mendeskripsikan hasil analisis cerita pendek karya mahasiswa mata kuliah Fiksi yang dikaji berdasarkan unsur intrinsiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita pendek yang dianalisis tersebut dilihat berdasarkan tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, dan amanat. Secara keseluruhan, cerpen berlatar di wilayah Kalimantan Barat dan menggunakan alur maju. Cerita Pendek diperankan oleh berbagai karakter dan memiliki pesan yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Hartati, M. (2017). Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116–127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)