PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA KULIAH STATISTIKA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI

Rosanti Rosanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa A Sore Program Studi Pendidikan Geografi pada Mata Kuliah Statistika di IKIP-PGRI di Pontianak dengan menerapkan model think pair share. Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di Prodi Pendidikan Geografi pada Mata Kuliah Statistika di IKIP-PGRI di Pontianak tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian  sebanyak 24 anak yang terdiri dari 14 mahasiswa putri dan 10 mahasiswa putra. Keaktifan belajar meningkat dari pra tindakan 43,3%, siklus I 65,9%, dan siklus II 83,9%.

 

Kata Kunci: model pembelajaran think pair share (TPS), keaktifan belajar.

Full Text:

Download PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

VISITORS STAT:

View Statistics



Maps:

ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (online)

 

Diterbitkan oleh:

IKIP PGRI Pontianak

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Rektorat Lt. 3, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Creative Commons License

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.