Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Kuliah Statistika Mahasiswa Pendidikan Geografi

Authors

  • Rosanti Rosanti Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.629

Keywords:

model pembelajaran, think pair share (TPS), keaktifan belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa A Sore Program Studi Pendidikan Geografi pada Mata Kuliah Statistika di IKIP-PGRI di Pontianak dengan menerapkan model think pair share. Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di Prodi Pendidikan Geografi pada Mata Kuliah Statistika di IKIP-PGRI di Pontianak tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian  sebanyak 24 anak yang terdiri dari 14 mahasiswa putri dan 10 mahasiswa putra. Keaktifan belajar meningkat dari pra tindakan 43,3%, siklus I 65,9%, dan siklus II 83,9%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Rosanti, R. (2017). Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Kuliah Statistika Mahasiswa Pendidikan Geografi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 181–195. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.629

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)