UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN

Fety Novianty, Ria Monisa

Abstract


Tujuan    umum  penelitian   adalah untuk  memperoleh  gambaran  tentang upaya  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  melalui  metode  pembelajaran   Value Clarification Technique (VCT) di kelas X SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan adalah  penelitian Tindakan dengan  bentuk  Penelitian  Tindakan  Kelas. Rancangan  yang  digunakan  adalah  dengan  menggunakan  penelitian  tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik  dan  alat  pengumpul data  yang  digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  teknik  observasi  langsung,  teknik  komunikasi  langsung,  teknik  pengukuran  dan  study  dokumenter  kemudian  alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil perhitungan Siklus I dapat diketahui bahwa Hasil belajar siswa  kelas  Xg SMA  Negeri  1  Sekayam  Kabupaten  Sanggau  pada  siklus  I masuk  dalam  kategori  tinggi  berdasarkan  hasil post  tes    yang  diberikan sebanyak 25 siswa atau 75,15 %, dan 15 orang siswa yang masih belum tuntas. 2) Dari  Siklus  II dapat diketahui  bahwa hasil  belajar  siswa kelas  Xg  SMA  Negeri  1  Sekayam  Kabupaten  Sanggau  pada  siklus  II mengalami peningkatan yaitu kategori sangat tinggi berdasarkan hasil post tes ysng  diberikan  ada  sebanyak  33  siswa  atau  82,35%.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT).


Full Text:

Download PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

VISITORS STAT:

View Statistics



Maps:

ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (online)

 

Diterbitkan oleh:

IKIP PGRI Pontianak

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Rektorat Lt. 3, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Creative Commons License

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.