HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN

Melia Melia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan modelpembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas. Adapun masalah dalam penelitian (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) kemampuan menulis pantun siswa, (3) hubungan model pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan (interrelationship studies). Populasi berjumlah 62 orang kelas VII A dan B 31 orang. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Penelitian menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, pengukuran, dan studi dokumenter. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase, mean, dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh informasi bahwa: (1) penerapan model pembelajaran berbasisi masalah terdapat 87,06% dengan kategori baik. (2) Kemampuan menulis pantun pada siswa keas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas adalah sebesar 69,72% dengan kategori cukup. (3) Hubungan antara penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun dengan koefisien korelasi sebesar 0,659 yang akan dikonsultasikan dengan tabel interpretasi rxytingkat hubungantergolong kuat.

 

Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, menulis pantun, korelasi.


Full Text:

Download PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

VISITORS STAT:

View Statistics



Maps:

ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (online)

 

Diterbitkan oleh:

IKIP PGRI Pontianak

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Rektorat Lt. 3, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Creative Commons License

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.