Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas X

Authors

  • Muhammad Thamimi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Yuver Kusnoto Pendidikan Sejarah, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.635

Keywords:

model pembelajaran Co-Op Co-Op, unsur intrinsik cerpen

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen kelas X SMA Islam Haruniyah Pontianak dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Pre Eksperimental Design. Berdasarkan data yang diperoleh kemudian dianalisis didapatkan hasil penelitian thitung≥ttabel yakni 3,56 ≥1,99 Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi unsure intrinsik cerpen dan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus effect size diperoleh  atau sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen tergolong tinggi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Thamimi, M., & Kusnoto, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas X. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 253–260. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.635

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)