Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Mitigasi Bencana terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Nelly Wedyawati PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang, Kalimantan Barat
  • Yasinta Lisa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang, Kalimantan Barat
  • Sara Selimayati STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.636

Keywords:

Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar, mitigasi, bencana alam

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 13 Sungai Kawat Sintang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah quasi-eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, soal tes, lembar angket dan dokumentasi. Analisis data observasi kelas eksperimen dan kontrol adalah sama yaitu 100% (sangat baik). Perhitungan rerata hasil belajar kelas eksperimen adalah pretest 45,4 dan posttest 79,6. Sedangkan hasil belajar kelas kontrol pretest 55,65 dan posttest 70,75. Teknik pengolahan data menggunakan uji t independen. Hasil dari uji hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung adalah 2,99 sedangkan nilai ttabel pada α =5% adalah 2,0252 dengan thitung > ttabel (2,99 12>"> 2,0252) maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data angket menunjukkan model pembelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana sangat kuat dengan  rerata 89,5%.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Wedyawati, N., Lisa, Y., & Selimayati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Mitigasi Bencana terhadap Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 261–273. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.636

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)