PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK GURU IPA SMP DI KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Matsun Matsun, Rohani Rohani

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 8 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya adalah terkait dengan manajemen, pengelolaan, dan penggunaan alat dan bahan praktikum. Manajemen, pengelolaan, dan penggunaan alat dan bahan praktikum yang didalamnya tercakup peningkatan keterampilan dan kreativitas guru dalam mengembangkan laboratorium, perangkat praktikum, dan KIT IPA terintegrasi yang mudah diterapkan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media untuk kegiatan inkuiri discovery siswa serta pengelolaan pembelajaran IPA terpadu menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach), penyegaran materi IPA terpadu, dan pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium sebagai objek pembelajaran berkarakter. Program pengabdian bertujuan untuk meningkatkan: (1) Keterampilan ketua laboratorium IPA dan laboran dalam memanajemen dan pengelolaan alat dan bahan; (2) Keterampilan guru mengembangkan perangkat praktikum  terintegrasi  dalam  pembelajaran  IPA  terpadu  (Buku Penuntun Praktikum)  sebagai penunjang  penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan inkuari discovery (scientific approach); (3)  Kemampuan  guru IPA dalam menggunakan alat dan bahan yang tersedia di dalam laboraorium; dan (4) Pemahaman/penguasaan materi IPA terintegrasi (mencakup aspek fisika, biologi, kimia). Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah penyelenggaraan  inservice  berupa pelatihan  dan  pendampingan. Pelatihan yang dilaksanakan adalah pelatihan menggunakan aplikasi manajemen laboratorium, inventarias alat dan bahan laboratorium, tata ruang laboratorium, pembuatan buku penuntun praktikum IPA SMP/MTs, dan pelatihan penggunaan alat dan bahan laboratorium IPA. Pendampingan juga dilakukan terkait dengan meningkatkan kemampuan guru dalam mengeksplorasi, mengelaborasi, dan merefleksi materi ajar IPA terpadu (mencakup aspek fisika, biologi, dan kimia), serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengimplementasikan  rancangan  pembelajaran  yang  dibuat  sekaligus  penyempurnaan rancangan pembelajaran.

 

Kata Kunci: laboratorium, scientific approach, berkarakter.


Full Text:

Download PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

VISITOR STAT:

Visitors Stats

Maps:

 

 

ISSN 2598-6155 (ONLINE)

ISSN 2598-6147 (CETAK)

 

 

Diterbitkan oleh:

LPPM IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116