PELATIHAN STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SMP WALISONGO DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL 2018

Authors

  • Maliqul Hafis Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Iqbal Ripo Putra
  • Tri Kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.986

Abstract

Pelatihan strategi belajar bahasa inggris bagi peserta didik yang akan menghadapi Ujian Nasional di SMP Walisongo memiliki Beberapa tujuan yaitu; 1) siswa memiliki pengetahuan tentang cara belajar bahasa inggris yang efektif dalam meningkatkan kemampuan mereka menghadapi ujian nasional; 2) siswa memiliki ketertarikan mempelajari bahasa inggris secara lebih antusias. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan Lapangan yang dilakukan dengan mendokumentasikan proses pembelajaran baik dari aktivitas guru maupun siswa serta lingkungan atau kondisi pembelajaran. Hasil dari analisa data menunjukkan bahwa 1) siswa mempunyai wawasan yang luas tentang cara belajar dan strategi menyelesaikan soal Ujian Nasional; 2) Terdapat perubahan sikap dari yang kurang aktif, tidak antusias dan kurang terlibat menjadi lebih aktif, antusias dan mau berinteraksi secara kolaborasi selama Pengajaran berlangsung.

 

Key Words: Strategi Belajar, Bahasa Inggris, Ujian Nasional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Hafis, M., Putra, M. I. R., & Kurniawati, T. (2018). PELATIHAN STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SMP WALISONGO DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL 2018. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 176–186. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.986