MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVELEARNING TIPE STUDENT TEAM ARCIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS VII DI MTS DARUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Erna Octavia IKIP PGRI PONTIANAK
  • M Anwar IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.607

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil belajar

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan proses membangun pengetahuan. Pengetahuan akan terbentuk dalam pikiran siswa bila dimulai dengan terjadinya interaksi antara guru, siswa, dan materi pelajaran. Guru juga bertindak sebagai pengolah bahan ajar agar materi pelajaran dapat diterima oleh siswa dengan mudah. Selain itu guru juga seharusnya bertindak sebagai pemberi motivasi agar siswa mau belajar dan memiliki keyakinan bahwa dia mempunyai potensi untuk biasa mengerjakan dan menangkap materi yang disampaikan. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erna Octavia, IKIP PGRI PONTIANAK

DOSEN PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Arif S. Sadiman (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmadi, A ( 2003). Psikologi Umum, Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. dan Prasetya, J.T. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Penerbit Yrama Widya

Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar, Bandung: Alfabeta

……..……., (2015). Desain dan Implementasi (PTK), Bandung :Alfabeta

Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

………....., (2002). Psikologi Belajar, Jakarta: Renika Cipta

………..…,(2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Banjar Masin: Rineka Cipta

Dimyati.( 2009). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Putra

Hamalik, Oemar.(2011) . Proses Belajar Mengajar, Jakarta PT Bumi Aksara

Mardalis. (2002) Metodologi Penelitian, Jakarta Rineka Cipta

Margono. (2010) . Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Marliany, R. (2010). Psikologi Umum., Bandung: Pustaka Setia.3

Moejiono dkk (1999). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Pustaka Setia

Roestiyan N.K (1991). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta; Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja wali pres

Sardiman. (2011). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Pajawali Pers

Sumantri, Mulyani. (2001). Strategi Belajar Mengajar, Bandung : CV Maulana

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A.( 2015). Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Beorirentasi Konstruktivistin, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif, Jakarta:

Winata Putra, Udin S. (2003). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Zuldafrial. (2010) , Penelitian Kuantitatif . Pontianak: Stain Pontianak Press.

……..….., (2012) Evaluasi Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, Pontianak : IKIP-PGRI.

……..… ., (2004). Bahan Ajar Mata Kuliah Penelitian Kuantitatif, Pontianak: IKIP¬-PGRI.

Downloads

Published

2017-12-16

How to Cite

Octavia, E., & Anwar, M. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVELEARNING TIPE STUDENT TEAM ARCIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS VII DI MTS DARUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.607

Issue

Section

Artikel Penelitian