PERAN ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA UNIVERSITER DALAM MEMBINA KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA

Authors

  • FETY NOVIANTY IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.508

Abstract

Pada dasarnya, ini adalah studi penelitian tentang peran yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Asosiasi Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dalam upaya untuk membina kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka, bidang studi dokumentasi dan catatan. Subjek penelitian ini adalah Ketua dan anggota organisasi HMI dan PMKRI, Camat Sungai Ambawang, Tokoh Agama, Masyarakat Adat, dan anggota masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh organisasi HMI dan PMKRI dapat memberikan motivasi bagi masyarakat dalam membina sikap dan kepedulian bagi kemanusiaan; melestarikan budaya leluhur seperti sikap saling membantu, kerjasama, toleransi dan saling menghormati serta sikap kebersamaan yang dapat dijadikan sebagai perekat hubungan sosial dalam masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

FETY NOVIANTY, IKIP PGRI PONTIANAK

DOSEN PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

References

Abdullah, Taufik. 1998. Menteri-Menteri Agama Republik Indonesia (Biografi Sosial- Politik). Jakarta: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM), Badan Litbang Agama Departemen Agama RI.

Affandi, Idrus, 2011. Pendidikan Politik (Mengefektifkan Organisasi Pemuda, Melaksanakan Politik Pancasila dan UUD 1945). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Budimasyah, Dasim, dkk. 2004. Dinamika Masyarakat Indonesia. Bandung : PT Ganesindo.

Budimansyah, D. & Suryadi, K. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung : Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI.

Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana.

Creswell. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatid, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

James T. Colins, dkk. 2005. Etnisitas di Kalimantan Barat. Pontianak : STAIN Pontianak Press.

Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke XXVII. (2011). Sinergi HMI untuk Indonesia Bermartabat. HMI cabang Pontianak.

Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam. (1997). HMI dan KAHMI Menyongsong Perubahan, Menghadapi Pergantian Zaman. Jakarta: Tim LSPEU Indonesia.

Sapriya, dkk. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

Sapriya, dan Wahab A. Azis. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, E. (tt). Pendidikan Kewarganegaraan Masyarakat (Community Civics). Hand Out. Tidak Diterbitkan.

Suparlan, P. 2005. Suku Bangsa dan Hubungan Antar Suku Bangsa. Jakarta : Yayasan Pengembangan Kajian Ilmu Kepolisian.

Suriakusumah, dkk. 1999. PKn dan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tobroni. 2012. Relasi Kemanusiaan dalam Keberagaman (Mengembangkan Etika Sosial Melalui Pendidikan). Bandung: Karya Putra Darwati.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

NOVIANTY, F. (2017). PERAN ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA UNIVERSITER DALAM MEMBINA KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.508

Issue

Section

Artikel Penelitian