PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS JASMANI BAGI ANAK SD SLB TUNANETRA DI KOTA SINGKAWANG

Authors

  • Zainal Arifin IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak
  • Rubiyatno Rubiyatno IKIP PGRI Pontianak
  • Whalsen Duli Agus Lauh

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1309

Keywords:

aktivitas, jasmani, tunanetra

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran aktivitas jasmani bagi siswa SD SLB Tunanetra di kota Singkawang. Berdasarkan wawancara dan observasi disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran aktivitas jasmani bagi siswa SD SLB Tunanetra di kota Singkawang dinilai masih kurang variatif dan masih monoton. Kurangnya model permainan dalam pengembangan pembelajaran aktivitas jasmani tersebut membuat peneliti tertarik mengembangkan pembelajaran kinestetik untuk meningkatkan keaktifan siswa khususnya pada aspek jasmani bagi siswa SD SLB Tunanetra. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R & D) Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) Pedoman wawancara, (2) Skala nilai, (3) Pedoman observasi permainan. Hasil penelitian ini berupa buku panduan aktivitas pembelajaran jasmani untuk siswa SD SLB Tunanetra yang berisikan empat jenis permainan, yaitu: (1) permainan tali penolong, (2) permainan mencari nada, (3) permainan halau bola, (4) permainan bowling ceriadan (5) permainan voli bawah net. Permainan-permainan tersebut sudah melalui proses validasi oleh guru dan pakar dibidangnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-03

How to Cite

Arifin, Z., Saputro, M., Rubiyatno, R., & Lauh, W. D. A. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS JASMANI BAGI ANAK SD SLB TUNANETRA DI KOTA SINGKAWANG. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 8(2), 127–137. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1309