PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN

Authors

  • Abdillah Abdillah [Sinta ID: 6020149], Physical Education and Health Study Programs, Faculty of Sports and Health Education, IKIP PGRI, Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan model pembelajaran motorik berbasis permainan dan mengetauhui bagaimanakah kelayakan model pembelajaran motorik berbasis permainan pada siswa Sekolah Dasar, Sampel dalam Penelitian ini adalah siswa sekolah dasar negeri 08 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/RD). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siwa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 08 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpul data dalam penelitian in yaitu teknik komunikasi langsung,  Alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu panduan wawancara, yang digunakan untuk mendapatkan data validasi dari ahli motorik, serta lembar validasi ahli yang dipergunakan untuk melakukan validasi terhadap model pembelajaran motorik berbasis permainan. Berdasarkan hasil uji coba skala besar dari guru terhadap model permainan sentuh bola terlihat bahwa hasil yang didapat menunjukan nilai maksimal yaitu 100%. dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model permainan ini sangat baik untuk digunakan dalam pembelajan motorik.

 

 

            Kata Kunci : Pembelajaran, Motorik, Berbasis, Permainan

 

Abstract

 

This study aims to develop a game-based motor learning model and know how the feasibility of a game-based motor learning model in elementary school students. The sample in this study is state elementary school students 08 Sungai Kakap Kubu Raya Regency. This research is a research and development (Research and Development / RD). The sample in this study were all students of grade 1 State Elementary School 08 Sungai Kakap Subdistrict, Kuburaya Regency with a total of 25 students. Data collection techniques in this research are direct communication techniques. Data collection tools in this study are interview guides, which are used to obtain validation data from motorists, as well as expert validation sheets which are used to validate game-based motor learning models. Based on the results of large-scale trials of the teacher on the model of the game touch the ball it appears that the results obtained show a maximum value of 100%. with these results it can be concluded that this game model is very good for use in motor learning.

 

 

            Keywords: Learning, Motor, Based, Games

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Abdillah Abdillah, [Sinta ID: 6020149], Physical Education and Health Study Programs, Faculty of Sports and Health Education, IKIP PGRI, Pontianak

References

Ardianzah. 2012. Pendidikan Seni Drama Tari. Universitas Negeri Semarang: Semarang

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta: Bandung

Daryanto, Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Gava Media: Yogyakarta

Hurlock, Elizabeth B. 1998. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. Erlangga: Jakarta

Kurikulum 2013 Pendidikan Sekolah Dasar

Sugiyono. 2012. Metodoogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Sujiono,Bambang. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka: Jakarta

Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Erlangga:Jakarta Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-12-02

How to Cite

Abdillah, A. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 8(2), 138–147. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446