PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH SISTEM DIGITAL UNTUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TIK

nurbani nurbani, Sri Koriaty, Henny Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik pada matakuliah Sistem Digital. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model Pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi Pendidikan TIK Pontianak tahun 2018/2019 Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektroni aplikasi Sistem Digital yang dikembangkan layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran TIK. Hal ini didukung oleh penilaian modul elektronik oleh dosen ahli materi diperoleh skor 102,5, dengan kriteria layak dan hasil penilaian modul elektronik oleh dosen ahli media diperoleh skor 94,5 dengan kriteria layak. Sedangkan respon mahasiswa terhadap modul elektronik dalam ujicoba sampel 92 mahasiswa diperoleh rata-rata skor angket 3,9 dengan kriteria baik.



Keywords


pengembangan modul; sistem digital

Full Text:

PDF

References


Mudhofir. (1990). Prinsip-prinsip pengelolaan pusat sumber belajar. Bandung: Wahana Press.

Najikhah, F., Budiyono, B., & Wardi, W. (2016). Kefektifan MPI game edukasi terhadap hasil belajar ipa di kelas 1 sekolah dasar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(2), 58-65.

Ningsih, D. R. S., Hasyim, A., & Fitriawan, H. (2013). Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif srandar kompetensi menggambar dengan perangkat lunak autocad bagi siswa smk di lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(1), 1-15.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif & rnd). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


View Stats