PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH SISTEM DIGITAL UNTUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TIK

Authors

  • nurbani nurbani IKIP PGRI Pontianak
  • Sri Koriaty IKIP PGRI Pontianak
  • Henny Puspitasari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1007

Keywords:

pengembangan modul, sistem digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik pada matakuliah Sistem Digital. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model Pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi Pendidikan TIK Pontianak tahun 2018/2019 Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektroni aplikasi Sistem Digital yang dikembangkan layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran TIK. Hal ini didukung oleh penilaian modul elektronik oleh dosen ahli materi diperoleh skor 102,5, dengan kriteria layak dan hasil penilaian modul elektronik oleh dosen ahli media diperoleh skor 94,5 dengan kriteria layak. Sedangkan respon mahasiswa terhadap modul elektronik dalam ujicoba sampel 92 mahasiswa diperoleh rata-rata skor angket 3,9 dengan kriteria baik.


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

nurbani nurbani, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

Sri Koriaty, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

Henny Puspitasari, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

References

Mudhofir. (1990). Prinsip-prinsip pengelolaan pusat sumber belajar. Bandung: Wahana Press.

Najikhah, F., Budiyono, B., & Wardi, W. (2016). Kefektifan MPI game edukasi terhadap hasil belajar ipa di kelas 1 sekolah dasar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(2), 58-65.

Ningsih, D. R. S., Hasyim, A., & Fitriawan, H. (2013). Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif srandar kompetensi menggambar dengan perangkat lunak autocad bagi siswa smk di lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(1), 1-15.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif & rnd). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

nurbani, nurbani, Koriaty, S., & Puspitasari, H. (2019). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH SISTEM DIGITAL UNTUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TIK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 52–63. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1007