APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT LAMBUNG MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING

Authors

  • Ahmad Setiadi Universitas Binasarana Informatika Kampus Karawang
  • yunita yunita STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA
  • Ibung Prasetio Nugroho STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1034

Keywords:

sistem pakar, penyakit lambung

Abstract

Penyakit pencernaan ataupun penyakit lambung adalah penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Kesadaran akan kesehatan masyarakat yang masih rendah, kebiasaan hidup yang selalu ingin hidup praktis, pengetahuan masyarakat yang sedikit dari gejala awal dari suatu penyakit merupakan faktor-faktor penyebab penyakit menjadi parah ketika penderita ditangani oleh tenaga paramedis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit lambung berbasis web.  Penelitian ini mempunyai tiga tahap yaitu pertama tahap pengumpulan data dan wawancara dengan tiga dokter yang ada dipuskesmas kecamatan Grogol Petamburan. Tahap kedua adalh membuat rule sebanyak 6 rule dan menentukan gejala sebanyak 36 gejala dan tahap terakhir adalah Implementasi Sistem Pakar berbasis Web. Metode yang digunakan adalah Metode Forward Chaining dimana metode ini mempunyai cara kerja dengan memulai proses pencarian dari sekumpulan data  atau fakta, dari data-data tersebut menghasilkan suatu kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Setiadi, Universitas Binasarana Informatika Kampus Karawang

Sistem Informasi

yunita yunita, STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA

Teknik Informatika

Ibung Prasetio Nugroho, STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA

Sistem Informasi

References

Andriani, A. (2016). Pemrograman Sistem Pakar. In mediakom (Cetakan Pe, p. 14). Jl.Cempaka Putih No 8 Deresan,Gejayan, Yogyakarta: mediakom. Retrieved from www.mediakom-penerbit.com

Fathansyah. (2015). Basis Data Revisi Kedua. In Informatika Bandung. Bandung:

Informatika Bandung.

Kusrini. (2013). sistem pendukung keputusan. In Andi Offset (p. 4). Yogyakarta

Mardalena, I. (2018). Asuhan Keperawatan Pasien dengan gangguan sistem pencernaan. In Pustaka Baru Press (p. 57).

Raharjo, J. S. D., Damiyana, D., & Hidayatullah, M. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android, 6(2), 1–8.

Ritonga, N. A. (2013). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT LAMBUNG, (November), 157–161.

Rosa, A. ., & Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi objek. In Informatika Bandung (p. 133). Bandung: Informatika Bandung.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Setiadi, A., yunita, yunita, & Nugroho, I. P. (2019). APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT LAMBUNG MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 19–31. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1034