DESKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KOTA PONTIANAK

Eko Sri Wahyuni, Yokhebed Yokhebed

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis media pembelajaran yang digunakan guru Biologi SMA Negeri di kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah survey. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi yang mengajar di SMA Negeri di kota Pontianak yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data, yaitu teknik komunikasi tidak langsung menggunakan angket dan teknik komunikasi langsung dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi SMA Negeri di kota Pontianak adalah media visual, audiovisual dan multimedia dengan persentase berturut-turut 56,48%, 12,04%, 31,48%.

Keywords


deskripsi; media pembelajaran; guru biologi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Kemendikbud. (2013). Jenis dan klasifikasi media pembelajaran. https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.i/PTP/Konten%20Materi/91%20Anas%20Sabayasa/diklat%201171/modul%201280/Buku/Modul%20Media_KB2.pdf diakses pada 20 Oktober 2016

Nasrun. (2008). Penggunaan Media Pembelajaran dan Sumber Belajar oleh Guru Biologi di SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi UMS. (http://etd.eprints.ums.ac.id), diakses 11 April 2015.

Nazir, M. (1988). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Primavera, IRC & Suwarna, IP. (2014). Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep elastisitas. Artikel Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (http://repository.uinjkt.ac.id, diakses 18 September 2017).

Sadiman, A., dkk. (2008). Media pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Soebroto. (2009). Pengaruh Media visual di ruang kelas terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 400-405.

Sumarno, A. (2012). Integrasi media. (Online). http://elearning.unesa.ac.id. Diakses 20 Juli 2016.

Susilana, R & Riyana, C. (2007). Media pembelajaran. Bandung: CV Wahana Prima.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf. Diakses 12 Mei 2016.

Uno, H.B. (2007). Profesi kependidikan problema, solusi, dan reformasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiendartun, dkk. (2007). Pengaruh pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar fisika. Proceeding of The First International Seminar on Science Education. ISBN: 979-25-0599-7.

Riduwan.2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sadiman, Arief. Dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Soebroto, dkk. 2009. Pengaruh Media Visual di Ruang Kelas Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol . 3 No.1, 2009, hlm 400-405.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, Alim. 2012. Integrasi Media. (Online). http://elearning.unesa.ac.id. Diakses 20 Juli 2016.

Wiendartun, dkk. (Tanpa Tahun). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika. Proceeding of The First International Seminar on Science Education. ISBN: 979-25-0599-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


View Stats