PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE CALON PESERTA PPL DAN KKN FKIP UNTAN

Authors

  • Rahmat Rasmawan Universitas Tanjungpura
  • Tomo Djudin Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1106

Keywords:

Sistem Pendaftaran Online, Praktek Pengenalan Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website pendaftaran kegiatan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa FKIP Untan yang valid dan layak digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan bentuk waterfall yang memiliki empat tahapan, yaitu Analisis, Design, Coding dan Testing. Alat pengumpul data adalah lembar validasi penilaian dan angket respon pengguna website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website yang dikembangkan valid dan layak digunakan ditinjau dari tampilan, proses pendaftaran, kemudahan akses dan pertahanan sistem dari virus dan pembobolan data serta pengguna memberikan respon positif yang tinggi dari penggunaan website dalam proses pendaftaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa website yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pendaftaran peserta PPL dan KKN.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rahmat Rasmawan, Universitas Tanjungpura

Sekretaris Unit Pembelajaran FKIP

Tomo Djudin, Universitas Tanjungpura

Ketua Unit Pembelajaran FKIP

References

Alfaris, H.B., Anam, C. Masy’an, A. 2013. Implementasi Black Box Testing Pada Sistem Informasi Pendaftaran Santri Berbasis Web Dengan Menggunakan PHP Dan MySQL. Saintekbu: Jurnal Sains dan Teknologi. Vol 6 (1), hlm 23 – 38.

Aprida, C.D., Samopa, F. 2013. Pembuatan Sistem Informasi Beasiswa Internal Direktorat Jendral Perbendaharaan Menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Teknik Pomits. Vol 2 (2), hlm 350 – 354.

Rahadi, D.R. 2011. Pengaruh Karakteristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom. Vol 1 (1), hlm 20 – 25.

Ramadhani, S., Anis, U., dan Masruro, S.T. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan di Kecamatan Lamongan dengan PHP MySQL. Jurnal Teknika. Vol 5 (2), hlm 479 – 484.

Standsyah, R.E., dan Restu I.S. 2017. Implementasi Phpmyadmin Pada Rancangan Sistem Pengadministrasian. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science. Vol 3 (2), hlm 38 – 44.

Youssef, B. 2012. A Simulation Model for the Waterfall Sofware Development Life Cycle. International Journal of Enggineering and Technology (iJET), Vol 2 (5), hlm 1 – 7.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Rasmawan, R., & Djudin, T. (2019). PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE CALON PESERTA PPL DAN KKN FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 75–89. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1106