PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN HEWAN PELIHARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTIN

Authors

  • Manorang Gultom STMIK Widya Dharma Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1312

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Hewan Peliharaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan system pendukung keputusan dalam memberikan rekomendasi kepada seseorang untuk menentukan pilihan hewan yang akan dipelihara. Dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 5 (lima) alternatif hewan peliharaan yaitu Burung Beo Nias, Anjing Buldog, Kucing Persia, Kelinci Rex dan Iguana Hijau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membuat quisioner kepada mahasiswa untuk mendapatkan nilai bobot dari setiap alternatif berdasarkan 5 (lima) kriteria, yaitu Kesetiaan, Ketenaran, Penampilan, Harga dan Kandang. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting. Hasil analisis akan memberikan sebuah prioritas pilihan diantara alternatif yang ada. Berdasarkan hasil analisis alternatif yang ada dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting, maka didapatkan rekomendasi atau prioritas pilhan pertama adalah Anjing Bulldog dan pilihan kedua adalah Burung Beo Nias.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Manorang Gultom, STMIK Widya Dharma Pontianak

Teknik Informatika

References

Admin. 2017. Harga anjing bulldog (English dan French). Retrieved from https://hewanpeli.com/jual-beli-harga-anjing-bulldog/.

Deni, W., Sudana, O. & Sasmita, A. (2013). Analysis and implementation fuzzy multi-attribute decision making saw method for selection of high achieving students in faculty level. IJCSI International Journal of Computer Science, 10(2).

Elistri, M., Wahyudi, J., & Supardi, R. (2014). Penerapan metode saw dalam sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Jurnal Media Infotama, 10(2), 1858–2680.

Haryunta. (2019). Harga kucing persia. Retrieved from https://longgroveonline.com/harga-kucing-persia/.

Iriane & Rinduh G. (2013). Analisis penggabungan metode saw dan metode topsis untuk mendukung keputusan seleksi penerimaan dosen. Seminar Nasional Informatika 1979-2328.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, & Wardoyo R. (2006). Fuzzy multi attribute decision making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu

Nofriansyah, Dicky & Defit. (2017). Multi criteria decision making (MCDM) pada sistem pendukung keputusan. Deepublish. Yogyakarta.

Noname. (2018). Mengenal lebih jauh hobby baru pelihara. Retrieved from http://petfoodreport.com/mengenal-lebih-jauh-hobby-baru-pelihara-iguana/.

Noname. (2019). Harga kelinci rex di Indonesia. Retrieved from https://farmbos.com/harga-kelinci-rex-di-indonesia/#z.

Pratama, R. P., Werdiningsih, I, & Puspitasari, I. (2017). Sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi di sekolah menengah pertama dengan metode VIKOR dan TOPSIS. J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell, 3(2), 113–121.

Sari, & Febrina. (2018). Metode dalam pengambilan keputusan. Deepublish. Yogyakarta.

Syatama. (2019). Harga burung beo. Retrieved from https://hargaburung.id/harga-burung-beo/.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Gultom, M. (2019). PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN HEWAN PELIHARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTIN. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 225–238. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1312