EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA

Authors

  • Dwi Oktaviana Prodi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.484

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TGT atau NHT; (2) prestasi belajar matematika tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris atau phlegmatis; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris atau phlegmatis; dan (4) pada masing-masing tipe kepribadian, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TGT atau NHT. Alat pengumpulan data yaitu dokumentasi, tes, dan angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari NHT; (2) siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris, maupun phlegmatis memiliki prestasi belajar matematika yang sama; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris, maupun phlegmatis memiliki prestasi belajar matematika yang sama; dan (4) pada masing-masing tipe kepribadian, prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari NHT.

Kata kunci: TGT, NHT, prestasi belajar, tipe kepribadian siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

Oktaviana, D. (2017). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 20–31. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.484