PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS DALAM MENEMUKAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN

Authors

  • Ivan Eldes Dafrita Prodi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.485

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis mahasiswa dalam menemukan konsep pada materi keanekaragaman tumbuhan. Adapun yang menjadi sub tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah diberikan discovery learning; (2) kemampuan berpikir analitis mahasiswa setelah diberikan discovery learning; (3) pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa; (4) pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis mahasiswa; (5) besar pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa; dan (6) besar pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis mahasiswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak yang mengambil mata kuliah Biologi Umum. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh dimana sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa semester III yang merupakan anggota populasi. Hasil penelitian adalah: (1) nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah diberikan discovery learning adalah 61,74; (2) nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis mahasiswa setelah diberikan discovery learning adalah 60,39; (3) terdapat pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa; (4) terdapat pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis mahasiswa; (5) discovery learning memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa, yaitu 83%; dan (6) discovery learning memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan berpikir analitis mahasiswa, yaitu 92%.

Kata Kunci: discovery learning, berpikir kritis, berpikir analitis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

Dafrita, I. E. (2017). PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS DALAM MENEMUKAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 32–46. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.485