PENGARUH KONDISI KELAS, FASILITAS LABORATORIUM, DAN FASILITAS PENDUKUNG PEMBELAJARAN TERHADAP KENYAMANAN BELAJAR MAHASISWA

Winna Dharmayanti, Ratih Widya Nurcahyo, Isnania Lestari

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi kelas, fasilitas laboratorium, dan fasilitas pendukung pembelajaran terahadap kenyamanan belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester V prodi PTIK tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel sejumlah 95 mahasiswa menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert dengan alternatif empat jawaban. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata pencapaian skor untuk variabel Fasilitas Kelas (X1) adalah 42,49; variabel Fasilitas Laboratorium (X2) adalah 47,22; variabel Fasilitas Pendukung Pembelajaran (X3) adalah 48,55; dan variabel Kenyamanan Belajar (Y) adalah 48,35. Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat pengaruh antara Fasilitas kelas (X1) terhadap Kenyamanan Belajar (Y), yakni sebesar 3,8%. Selanjutnya terdapat pengaruh antara Fasilitas Laboratorium (X2) terhadap Kenyamanan Belajar (Y), yakni sebesar 6,2%. Terdapat pengaruh antara Fasilitas Pendukung (X3) terhadap Kenyamanan Belajar (Y), yakni sebesar 4,5%. Selanjutnya terdapat pengaruh bersama-sama antara Kondisi Kelas (X1), Fasilitas Laboratorium (X2) dan Fasilitas pendukung Pembelajaran (X3) terhadap Kenyamanan Belajar (Y) dengan kontribusi yang diberikan adalah 9,7%. Hal tersebut menjelaskan bahwa ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama mampu menjelaskan varian Kenyamanan belajar sebesar 9,7%  sedangkan 90,3% lainnya dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian.

 

Kata Kunci: kondisi kelas, fasilitas laboratorium, fasilitas pendukung pembelajaran, kenyamanan belajar.


Full Text:

Download PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY: