PENGARUH KONDISI KELAS, FASILITAS LABORATORIUM, DAN FASILITAS PENDUKUNG PEMBELAJARAN TERHADAP KENYAMANAN BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Winna Dharmayanti Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak
  • Ratih Widya Nurcahyo Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak
  • Isnania Lestari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.647

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi kelas, fasilitas laboratorium, dan fasilitas pendukung pembelajaran terahadap kenyamanan belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester V prodi PTIK tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel sejumlah 95 mahasiswa menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert dengan alternatif empat jawaban. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata pencapaian skor untuk variabel Fasilitas Kelas (X1) adalah 42,49; variabel Fasilitas Laboratorium (X2) adalah 47,22; variabel Fasilitas Pendukung Pembelajaran (X3) adalah 48,55; dan variabel Kenyamanan Belajar (Y) adalah 48,35. Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat pengaruh antara Fasilitas kelas (X1) terhadap Kenyamanan Belajar (Y), yakni sebesar 3,8%. Selanjutnya terdapat pengaruh antara Fasilitas Laboratorium (X2) terhadap Kenyamanan Belajar (Y), yakni sebesar 6,2%. Terdapat pengaruh antara Fasilitas Pendukung (X3) terhadap Kenyamanan Belajar (Y), yakni sebesar 4,5%. Selanjutnya terdapat pengaruh bersama-sama antara Kondisi Kelas (X1), Fasilitas Laboratorium (X2) dan Fasilitas pendukung Pembelajaran (X3) terhadap Kenyamanan Belajar (Y) dengan kontribusi yang diberikan adalah 9,7%. Hal tersebut menjelaskan bahwa ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama mampu menjelaskan varian Kenyamanan belajar sebesar 9,7%  sedangkan 90,3% lainnya dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian.

 

Kata Kunci: kondisi kelas, fasilitas laboratorium, fasilitas pendukung pembelajaran, kenyamanan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-26

How to Cite

Dharmayanti, W., Nurcahyo, R. W., & Lestari, I. (2017). PENGARUH KONDISI KELAS, FASILITAS LABORATORIUM, DAN FASILITAS PENDUKUNG PEMBELAJARAN TERHADAP KENYAMANAN BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 230–242. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.647