PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSS-PLATFORM INSTALASI SOFTWARE PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v7i1.678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu media pembelajaran instalasi software yang bersifat Cross-platform, yaitu sebuah media pembelajaran yang praktis dan dapat dijalankan dengan mudah di smartphone dan laptop dengan harapan media tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan antusiasme siswa dalam pelajaran instalasi software.

Perancangan media dilakukan melalui penelitian dan pengembangan. Uji coba produk dilakukan dalam uji coba terbatas dan skala lebih luas untuk menghasilkan produk akhir. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Sedangkan tingkat kepraktisan produk diuji melalui angket yang diberikan kepada siswa dan guru.

Produk akhir media ini berupa file HTML5. Hasil penilaian media dari para validator yang terdiri dari ahli media dan ahli materi, menunjukkan media ini valid dalam semua aspek. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,6%. Tingkat kepraktisan media memiliki kriteria sangat tinggi menurut siswa dan guru, masing-masing memiliki skor sebesar 871 dan 40.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah media pembelajaran Cross-platform instalasi software layak untuk digunakan, mampu meningkatkan pengetahuan siswa, dan praktis untuk digunakan. Implikasi dari penelitian ini adalah media pembelajaran Cross-platform dapat juga digunakan untuk mata pelajaran lainnya dengan mengganti isi materi dan evaluasi sesuai dengan mata pelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

Kata Kunci: Instalasi Software, Gadget, Media Pembelajaran, Cross-platform

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acton. Scott. 2006. “Editorial Introduction to Multimedia System Technologies for Educational Toolsâ€. University of Virginia. Springer Journal vol 11 Issue 3, pp 201-202. Diperoleh dari http://link.springer.com/article/ (diunduh 5 April 2015).

Alessi, S.M. & Trollip, S.R. 1991. Computer Based Instruction Methods and Development Second Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Andri. K. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Jakarta.Gava Media.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Putera

Behera, Santosh Kumar. 2013. “E-Learning and M-Learning: a Comparative Studyâ€. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Volume 4 Issue 3. pp 65-78. Diperoleh dari www.ijonte.org/FileUpload/.../File/08.behera.pdf (diunduh 6 April 2015).

Bielikova. Maria. 2008. “Educational and Multimedia Computer Gamesâ€. Journal Automatic Generation of Adaptive, Slovak University. Springer-Verlag London Journal. SIViP vol, pp 371-384. Diperoleh dari http://link.springer.com/article/ (diunduh 6 April 2015).

Bin Ladjamudin, Al Bahra. 2006. Rekayasa Perangkat Lunak. Tangerang. Graha Ilmu.

Brown. 1973. Pengertian Disiplin dan Penerapannya bagi Siswa. http://Arisandi.com/ pengertian Disiplin dan Penerapannya bagi Siswa. (diakses 20 Februari 2015).

Cross-platform. http://en.wikipedia.org/wiki/Cross-platform (diakses 12 Mei 2015)

Crossplatform. PcMag Encyclopedia. http://www.pcmag.com/encyclopedia/ term/40495/cross-platform. (Diakses 4 Mei 2015).

Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ehmer Khan, Mohd. 2010. Different Form of Software Testing Techniques For Finding error. IJCSA, Vol. 7 Issue 3. Diperoleh dari https://www.academia.edu/4613684/A_Comparative_Study_of_White_Box_Black_Box_and_Grey_Box_Testing_Techniques (diakses 20 Agustus 2015)

Ennals. Richards. 2009. “Information Technology and Global Citizenship Educationâ€. Kingston University. Springer-Verlag London Journal. AI & Vol 3, pp 61-68. Diperoleh dari http://link.springer.com/article/ (diunduh 6 April 2015).

Gerlach dan Ely (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education.

Handayani Izmi. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Diagram Venn untuk Kelas VII. Jurnal Universitas Negeri Malang.

Hobri. 2010. Metode Penelitian Pengembangan. Jember. FKIP Universitas Jember Press.

Husein Umar, 2003, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka.

Janner, S. 2009. Perancangan Basis Data. Yogyakarta. Andi Publisher

Kingwee. Jared. 2013. â€Mobile Learning and Integration of Mobile Technologies in Educationâ€. University of North Dakota. Springer-Verlag London Journal vol 11 Issue 3, pp 201-202. Diperoleh dari http://link.springer.com/article/ (diunduh 7 April 2015).

Kountur, Ronny. 2004. Metodologi Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta. PPM.

Cross-Platform. TechTerms Definition. http://techterms.com/definition/ Cross-Platform. (Diakses 5 Mei 2015)

Nana Sudjana, Ahmad Rivai. 2012. Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Nasser, Ramzi .2014. “Using Mobile Device to Increase Student Academic Outcomes in Qatarâ€. Open Journal of Social Sciences. Volume 2. pp 67-73. Diperoleh dari http://www.scirp.org/journal/PaperInformation.aspx (diunduh 6 April 2015).

Ni, Anna Ya. 2013. “Comparing the Effectiveness of Classroom and Online Learning: Teaching Research Methodsâ€. Journal of Public Affairs Education. Volume 19 Issue 2. pp 199–215. Diperoleh dari www.naspaa.org/jpaemessenger/...2/03_Ni.pdf (diunduh 6 April 2015).

Nurdin Usman. 2002, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta. Andi Publisher.

Pedoman Evaluasi Media Pendidikan.1989. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmajanti, S. Gunadi, H. Sulistyo. 2008. “Development of Contextual Model Education in Science with Compact Disc Formedâ€. Journal of Education Research No. 1 (2008: 49) (diunduh 18 Maret 2015).

Reynolds, Tom D dan Richards, Paul A. 1996. Unit Operations and Processes in Environmental Engineering. Boston. PWS Publishing Company.

Saadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suzan, E.. 2008. “The Effectiveness Of Interactive Instruction CD Designed Through The Pre-School Studentsâ€. Journal Of Theoretical And Applied Information Technology. Adolou University vol 11 Issue 2, pp 44-46 Diperoleh dari http://link.springer.com/article/ (diunduh 10 Maret 2015).

Torrance, P.E.(1969). Creativity What Research Says to the Teacher. Washington DC: National Education Association.

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Walter, D. O’Carey, J. 2009, The Systematic Design Of Instruction, 7th Editions, Pearson Education Ltd., London.

Downloads

Published

2018-08-07

How to Cite

Pratama, A. (2018). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSS-PLATFORM INSTALASI SOFTWARE PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i1.678