PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN (SIMDIG) DI KELAS X SMK BINA DHARMA PONTIANAK

Authors

  • Danar Santoso Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak
  • Fatia Syufia Ristu Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

problem-based learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem-based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dikelas x smk bina dharma pontianak. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk pre eksperimental design menggunakan studi satu kelas yang digunakan untuk sampel (one group pretes dan post-tes design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Bina Dharma Pontianak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling dan kelas yang dijadikan objek penelitian adalah kelas X Farmasi dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal objektif dan studi dokumenter berupa foto selama penelitian. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem-based learning terhadaphasil belajar siswapada mataSimulasidan Komunikasi Digital di kelas X SMK Bina Dharma Pontianak. Variabel bebas penelitian ini adalah pembelajaran problem-based learning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Hasil rata-rata pretest 64,00 yang tergolong cukup. Hasil rata-rata postest 77,33 yang tergolong baik. Hasil uji t signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) berarti ditolak dan hasil perhitungan Uji-t diketahui bahwa  -9,520 <  -2,045. Besarnya pengaruh (Effect Size) 2,14 tergolong tinggi dan besarnya perbedaan penelitian ini adalah 13,33. Dapat disimpulkan bahwa  diterima dan ada perbedaan nilai tes antara pretest dan post-test pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital pada materi logika dan algoritma komputer di kelas X SMK Bina Dharma Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Danar Santoso, Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

Fatia Syufia Ristu, Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

References

Djaali. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Nasir, Moh. (20130. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhadi. (2010). Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru edisi kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-11-20

How to Cite

Santoso, D., & Ristu, F. S. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN (SIMDIG) DI KELAS X SMK BINA DHARMA PONTIANAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 134–142. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1361