PERSEPSI MAHASISWA TENTANG DEMOKRASI DI KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Hadi Rianto, Moad, Nurhadianto Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa tentang demokrasi di Kalimantan Barat. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus melalui teknik pengumpulan data teknik obervasi berperanserta, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini yaitu: (1) pelaksanaan demokrasi di berbagai aspek di masyarakat  Kalimantan Barat yaitu pelaksaaan aturan kebebasan sipil (civil liberty), terlaksanya hak-hak politik (political rights) bagi setiap masyarakat  dan berkembangya lembaga-lembaga demokrasi (institution democracy) di pemerintahan dan masyarakat sipil; (2) kondisi kebebasan masyarakat sipil di Kalimantan Barat terlihat dari tingkat kebebasan berserikat dan berkumpul dari organisasi masyarakat sipil yang relatif tinggi, organisasi masyarakat sipil yang muncul dalam setiap struktur sosial masyarakat; (3) faktor yang mempengaruhi demokrasi di Kalimantan Barat yakni terdiri dari Faktor kesejahteraan masyarakat, Faktor Sosial dan Politik,  serta Budaya Kewarganegaraan dan Akar Sejarah.

 

Kata kunci: persepsi mahasiswa, demokrasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-15

How to Cite

Nurhadianto, H. R. M. (2016) “PERSEPSI MAHASISWA TENTANG DEMOKRASI DI KALIMANTAN BARAT”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 158–172. doi: 10.31571/sosial.v2i2.102.