URGENSI PEMBINAAN TANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA MELALUI COMMUNITY CIVICS

Authors

  • Rohani Rohani Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.107

Abstract

Kajian ini membahas tentang pembinaan tanggung  jawab warga negara. Pembinaan tanggung jawab warga tidak hanya dilakukan oleh pendidikan formal, namun perlu dilakukan oleh pendidikan informal dan pendidikan non formal. Mengingat sekarang bangsa Indonesia memasuki era globalisasi maka perlu diadakan pembinaan tanggung jawab warga negara melalui Pendidikan Kewarganegaraan baik dalam domain akademik, domain kurikuler, maupun domain sosial kultural. Ketiga domain ini harus berjalan secara seimbang, berkesinambungan dan berlangsung terus menerus. Dalam artikel ini dibahas tentang pembinaan tanggung jawab warga negara melalui Pendidikan Kewarganegaraan domain sosial kultural yang dilaksanakan oleh community civics.

 

Kata Kunci: pendididikan, Pendidikan Kewarganegaraan, community civics.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Rohani, R. (2016) “URGENSI PEMBINAAN TANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA MELALUI COMMUNITY CIVICS”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 221–234. doi: 10.31571/sosial.v2i2.107.