MODEL LAYANAN INFORMASI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN ORIENTASI KARIR MAHASISWA

Authors

  • Hendra Sulistiawan IKIP PGRI Pontianak
  • Kamaruzzaman Kamaruzzaman IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1554

Keywords:

orientasi karir, layanan informasi, multimedia,

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik yang menunjukkan bahwa permasalahan tentang rendahnya orientasi karir mahasiswa. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya atau strategi dalam menyikapi situasi tersebut, sehingga permasalahan terkait dengan orientasi karir yang dialami mahasiswa dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan data tentang orientasi karir mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak  berada pada kategori cukup, untuk itu perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model layanan informasi berbasis multimedia untuk meningkatkan orientasi karir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model layanan informasi berbasis multimedia  dapat meningkatkan orientasi karir mahasiswa. Faktanya pada uji hipotesis menunjukkan bahwa semua indikator orientasi karir mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan uji coba model layanan informasi berbasis multimedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Eko A Meinarno. 2018. Kesiapan dan Kontribusi Psikologi untuk Revolusi

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung : Pustaka Setia.

Uman Suherman. 2007. Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Bandung: Rizqi Press.

Puspita. 2010. "Efektivitas perencanaan Karir Siswa Kelas XI (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI tahun Pelajaran 2009/2010)". Tesis. Bandung : UPI.

Downloads

Published

2020-01-07

How to Cite

Sulistiawan, H. and Kamaruzzaman, K. (2020) “MODEL LAYANAN INFORMASI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN ORIENTASI KARIR MAHASISWA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), pp. 193–203. doi: 10.31571/sosial.v6i2.1554.