ANALISIS PENDAPAT DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK TENTANG KURIKULUM 2013

Authors

  • Bohari, Karel Juniardi, Pujo Sukino

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Pendapat Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah terhadap Kurikulum 2013; (2) Kesesuaian materi ajar pada mata kuliah yang diajarkan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah dengan materi pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Jenis penelitian ini mampu mengangkat berbagai informasi kualitatif secara lengkap dan mendalam untuk menjelaskan mengenai proses mengapa dan bagaimana sesuatu terjadi. Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel tunggal yaitu pendapat dosen terhadap Kurikulum 2013. Sampel penelitian ialah enam dosen yang aktif mengajar pada semester ganjil Tahun Akademik 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi langsung dan studi dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan panduan wawancara dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pendapat Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah terhadap Kurikulum 2013 memberi tanggapan positif adanya perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjadi Kurikulum 2013 karena dengan Kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah di sekolah lebih dihargai, penggalian sejarah lebih mendalam, serta proses pembelajaran berpusat pada siswasehingga siswa harus lebih aktif; (2) Terdapat kesesuaian materi ajar di perguruan tinggi dengan materi mata pelajaran Sejarah di tingkat SMA. Sebagai contoh adalah materi mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan yang sama dengan materi mata pelajaran Sejarah di Kelas XI Sekolah Menengah Atas  yang sudah menggunakan Kurikulum 2013.

Kata Kunci: Pendidikan Sejarah, Kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bohari, Karel Juniardi, Pujo Sukino

Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

IKIP-PGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Telp. (0561)748219 Fax. (0561) 6589855

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

Pujo Sukino, B. K. J. (2016) “ANALISIS PENDAPAT DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK TENTANG KURIKULUM 2013”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), pp. 1–13. doi: 10.31571/sosial.v3i1.262.