PENGARUH PEMBERIAN CORRECTIVE FEEDBACK PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 PONTIANAK

Authors

  • Novita Sariani Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No. 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.652

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian corrective feedback pekerjaan rumah (PR) dalam pelajaran Geografi pada materi Atmosfer terhadap hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Metode penelitian adalah eksperimen yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (XE) dan kelas kontrol (XC). Masing-masing kelas diberi perlakuan yang berbeda, di kelas eksperimen diberikan corrective feedback sedangkan kelas control tidak diberikan corrective feedback. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar dan pedoman observasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan rumus mean dan tes normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan Liliefors (adaptasi dari Kolmogorof Sminorv),  t-test dan analisis effect size. Penelitian dilaksanakan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Populasi penelitian  sebanyak 272 siswa, sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian corrective feedback berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak dengan nilai effect size sebesar 1,8.

 

Kata Kunci: corrective feedback, pekerjaan rumah, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Sariani, N. (2017) “PENGARUH PEMBERIAN CORRECTIVE FEEDBACK PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp. 138–146. doi: 10.31571/sosial.v4i2.652.