PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

Agus Suwarno, Agustina Asteria Eca

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII  SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Variabel penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan metode cooperative script. Subjek penelitian yaitu siswa VIII C. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus menunjukkan siswa aktif sebesar 43,76% dan siswa tidak aktif sebesar 56,2%, pada skilus I siswa aktif sebesar 57,66% dan siswa tidak aktif sebesar 33,63%, sedangkan siklus II siswa aktif sebesar 74,22%, siswa tidak aktif sebesar 25,78%.

 

Kata Kunci: cooperative script, aktivitas belajar.

Full Text:

Download PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

VISITORS STAT:

View Stats