Analisis Pembelajaran Sejarah Dengan Pemanfaatan Media Gambar di SMA Negeri 2 Kendawangan Kabupaten Ketapang

Authors

  • Bohari Bohari IKIP PGRI Pontianak
  • Wajnah Wajnah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.937

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran sejarah dengan
memanfaatkan media gambar di kelas X SMAN 2 Kendawangan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan
kendala yang dihadapi guru dalam mengunakan media gambar di kelas X SMAN 2
Kendawangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan
bentuk penelitian studi survey. Pengumpul data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan/
verifikasi. Perencanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan media gambar
oleh guru telah dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran sejarah
dengan memanfaatkan media gambar oleh guru terlaksana sangat baik. Kendala
yang dihadapi guru dalam mengunakan media gambar yaitu sarana dan prasarana
belum memadai dan waktu yang digunakan sangat pendek.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Bohari, B. and Wajnah, W. (2018) “Analisis Pembelajaran Sejarah Dengan Pemanfaatan Media Gambar di SMA Negeri 2 Kendawangan Kabupaten Ketapang”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), pp. 190–201. doi: 10.31571/sosial.v5i2.937.