Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MAN 2 Pontianak

Authors

  • Dony Andrasmoro IKIP PGRI Pontianak
  • Siti Nurlaila MAN 2 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.982

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran diskusi interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pontianak dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi AMDAL dengan metode pembelajaran diskusi interaktif. Metode penelitian ini Action Research (AR) dengan bentuk penelitian Classroom Action Research (CAR). Hasil penelitian dengan pemenfaatan metode diskusi interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi AMDAL di kelas. Hasil analisis siklus I menunjukkan hasil refleksi kegiatan diskusi masih belum tercipta kepercayaan diri, terkesan pasif. Hasil kegiatan pembelajaran siklus I belum menunjukkan pemerataan siswa aktif dan hasil siklus II siswa termotivasi karena diskusi dilakukan dengan penampilan studi kasus video AMDAL sehingga hasil peningkatan belajar cukup baik 63,33, kentuntasan  58%, hasil siklus II meningkat 73,84, persentasi kentuntasan 82%, hasil siklus II lebih besar dari persentasi kentuntasan dengan ketegori baik. Dampak ketuntasan hasil belajar adalah aspek retention rate of knowledge siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Andrasmoro, D. and Nurlaila, S. (2018) “Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MAN 2 Pontianak”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), pp. 270–278. doi: 10.31571/sosial.v5i2.982.