Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik Di SMP Negeri 1 Sungai Kakap

Authors

  • Amelia Atika IKIP PGRI Pontianak
  • M K Aziz SMP Negeri 1 Sungai Kakap

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.998

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitiannya Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan dan melihat kenyataan di lapangan sebagaimana kenyataan yang ada dan sebagai mana adanya mengenai kemandirian belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolic pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Berdasarkan dari hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolic pada siswa kelas VIII B  SMP Negeri 1 Sungai Kakap.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Atika, A. and Aziz, M. K. (2018) “Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik Di SMP Negeri 1 Sungai Kakap”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), pp. 315–323. doi: 10.31571/sosial.v5i2.998.