Implementasi Kegiatan Kampus Mengajar melalui Program Calistung di Kelas Rendah SDN 3 Druju Kabupaten Malang

R A Ega Fathma Fairuzi, Trisna Andarwulan

Abstract


Penelitian ini membahas implementasi program Kampus Mengajar berupa CALISTUNG yang dilaksanakan di kelas rendah SDN 3 Druju, Kabupaten Malang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar literasi dan numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan  penelitian kualitatif. Sumber data didapatkan melalui pelaksanaan kegiatan CALISTUNG. Data yang dianalisis adalah siswa kelas rendah SDN 3 Druju. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan tabel pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan literasi dan numerasi SDN 3 Druju yang masih rendah, 2) pelaksanaan program CALISTUNG yang efektif pada kelas rendah, 3) faktor penghambat program CALISTUNG berupa situasi pembelajaran yang tidak optimal, sarana dan prasarana yang tidak memadai. Faktor pendukung program CALISTUNG berupa SDM guru yang berkualitas dan antusiasme siswa belajar bersama tim kampus mengajar.


Keywords


kampus mengajar; literasi; numerasi; CALISTUNG

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 R A Ega Fathma Fairuzi, Trisna Andarwulan



Map:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License