Kosakata Prosesi Mappasilli Pernikahan Masyarakat Bugis dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah

Lizawati Lizawati, Veni Noviani

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan kosakata prosesi Mappasilli pernikahan masyarakat Bugis dan relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan etnolinguistik yang melihat telaah kajian bahasanya yang dikaji adalah struktur kosakata yang pemakaiannya dalam konteks situasi sosial budaya masyarakat Bugis. Analisis yang dilakukan peneliti terhadap data yang dikumpulkan meliputi peristilahan, alat, bahan, proses, dan mulai dari analisis pra-implementasi, implementasi, dan pasca-plaksanaan peristilahan, yaitu monomorfemis, dan polimorfemis. Selain itu, peneliti juga menganalisis makna peristilahan dalam leksikal dan kultural budaya tradisi Mappasilli. Penelitian ini berhasil mengumpulkan 52 peristilahan sebagai data penelitian. Keseluruhan data diperoleh dari proses wawancara dan perekam yang dilakukan oleh peneliti di Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya khususnya di Desa Teluk Pakedai Satu secara keseluruhan Data terdiri dari 11 istilah alat, 19 istilah bahan, 22 istilah proses 2 istilah waktu, dan 3 istilah tempat. Kosakata prosesi Mappasilli memiliki relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Fase B yang tercermin pada Capaian Umum dan Capaian Pembelajaran


Keywords


kosakata; prosesi; pembelajaran

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lizawati, Veni Noviani



Map:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License