Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Melatih Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun
Andini Linarsih, Lukmanulhakim Lukmanulhakim, Rosalina Wiwit Priyanti
Abstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan ketrampilan dasar anak yang akan mempengaruhi keberhasilan anak pada jenjang pendidikan selanjutnya, namun belum banyak pengembangan media pembelajaran untuk melatih membaca permulaan yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui media pembelajaran apa saja yang pernah digunakan oleh guru ketika mengajar dikelas, 2) mengetahui apakah media tersebut efektif untuk melatih membaca permulaan anak usia 4-5 tahun, 3) untuk mengetahui media pembelajaran seperti apa yang dibutuhkan oleh guru untuk melatih membaca permulaan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Partisipan dalam penelitian mencakup 10 tenaga pendidik PAUD di kabupaten Sanggau. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) partisipan pernah menggunakan media pembelajaran dengan berbagai variasi diantaranya adalah puzzle, papan abjad, slime dan flashcard, 2) pembelajaran menggunakan media yang digunakan selama mengajar dikelas belum efektif untuk melatih membaca permulaan, dan 3) menurut partisipan media yang dibutuhkan untuk melatih membaca permulaan adalah media yang menarik agar anak tidak bosan, bisa dibuat oleh guru, media yang bisa membuat waktu belajar jadi efisien, dan media yang bisa digunakan secara berkelompok agar anak merasa sedang berkompetisi sehingga tidak cepat bosan.
Keywords
media pembelajaran; membaca permulaan; anak usia dini