Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning pada Materi Teks Artikel

Anifatus Sholihah, Warsiman Warsiman, Heni Dwi Arista

Abstract


Pembelajaran interaktif berbasis blended learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan pola pembelajaran menggunakan media e-learning dengan tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran interaktif berbasis blended learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks artikel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I data persentase keaktifan siswa sebesar 30,99%; siklus II sebesar 32,95%; dan siklus III sebesar 39,71%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis blended learning, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, terutama pada materi teks artikel.


Keywords


blended learning; student learning liveliness; learning

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anifatus Sholihah, Warsiman, Heni Dwi Arista



Map:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License