PENGARUH PROYEK MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI MEDIA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

wila sasmita sasmita

Abstract


Saat ini Indonesia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya telah memberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pemberlakukan MEA sejatinya untuk meningkatkan daya saing negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, pemberlakuan MEA berarti pemerintah Indonesia wajib menyiapkan tenaga kerja yang mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara. Salah satu kecakapan yang wajib dimiliki tenaga kerja Indonesia adalah di penguasaan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah: 1) memberikan gambaran literasi media dan literasi teknologi mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer melalui pembuatan proyek video; dan 2) mengetahui pengaruh pembuatan proyek video terhadap literasi media dan literasi teknologi mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer. Penelitian ini akan dilakukan menggunakan pendekatan secara kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah desain faktorial guna melihat lebih jauh pengaruh-pengaruh yang terjadi dalam penelitian ini.

 

 


Keywords


Kata kunci: Literasi Media; Pembelajaran Berbasis Proyek; Proyek Media Pembelajaran;

Full Text:

PDF

References


Fitryarini, I. 2017. Literasi Media pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67

Hoi, C.K.W., Teo, T., & Zhou, M. 2015. Media and Information LIteracy among Macau University Students: An Initial Study. Journal of Communication and Education, 2(2), 26-37

Katz, I. R. 2007. “Testing Information Literacy in Digital Environments: ETS's iSkills Assessment”. Information Technology and Libraries, 26(3). Hal. 3-12

Kurniawati, J., & Baroroh, S. 2016. Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, Volume 8 No. 2, 51-66

Purba, R. 2015. Tingkat Literasi Media pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW. Vol 2, No. 9, 1-10

Simons, M., Meeus, W., & T'sas, J. 2017. “Measuring Media Literacy for Media Education: Development of a Questionnaire for Teachers' Competencies”. Journal of Media Literacy Education, 9(1), pp. 99-115

Sugiyono. .2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta:Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 wila sasmita sasmita


Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP) is published by:

Lembaga Penyelenggaran Diklat (LPD)

IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ilham No. 56 Kelurahan Sungai Bangkong Kec. Pontianak Kota
Kode Pos 78116
Email: lpdikip@gmail.com