OPTIMALISASI GURU DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indira Putri Nurfadilla Syarif Hidayatullah University

Keywords:

evaluasi, kognitif, afektif, psikomotorik, bahasa inggris, siswa

Abstract

Abstrak

Artikel ilmiah ini ditulis dengan tujuan untuk menemukan dan menganalisis pengaruh optimalisasi pembelajaran terhadap kemampuan berbahasa Inggris dan minat siswa di sekolah dasar. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kebutuhan bahan ajar yang menyeimbangkan antara kebutuhan hard skill dan soft skill dalam hal ini, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan karakter. Bahan ajar Bahasa Inggris apa saja yang perlu diperbaiki. Guru dan siswa adalah peserta penelitian, dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tes kemampuan menulis bahasa Inggris dan angket minat siswa adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian. Analisis varians dua arah digunakan untuk analisis data. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan digunakan dalam penelitian adalah kuesioner dan pedoman. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan beberapa kegiatan seperti sharing knowledge, pendampingan dalam penyiapan dan pelaksanaan materi, serta berpartisipasi dalam diskusi kolaboratif sebagai langkah evaluasi dan refleksi. Siswa didorong untuk beradaptasi dengan cepat dan kritis sebagai hasil dari pendekatan ilmiah kasus ini untuk pengembangan bahan ajar, yang diyakini dapat menghubungkan teori dan praktik. Temuan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan 1) karakter, 2) kerja keras, dan 3) kreativitas, dan bahwa guru memerlukan 1) karakter, 2) percaya diri, 3) tanggung jawab, dan 4) kerja keras untuk mengembangkan karakter siswa. Dengan demikian, siswa dapat menumbuhkan pola pikir kreatif dan meningkatkan minat belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Tayib Umar, A. M., & Ameen, A. A. (2021). The effects of formative evaluation on students’ achievement in english for specific purposes (a case study of the preparatory year students at Umm- Al-Qura University). World Journal of English Language, 11(2), 107–120. https://doi.org/10.5430/WJEL.V11N2P107

Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Bin Mubayrik, H. F. (2020). New Trends in Formative-Summative Evaluations for Adult Education. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020941006

Djoko, D. P., & Khoirun Nisaa Arnoi. (2020). English learning evaluation in EF “ English First .†Jurnal Evaluasi Pendidikan, vol.11(no.1), h.1-6.

Fajriadi, D. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Reading Comprehension Kelas IX Melalui Metode Group Discussion Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Setia Bakti. 13(1), 102–111.

Firdaus, M. H., & Baisa, H. (2019). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 557–558.

Fisika, J. (2009). Melalui Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 37–41. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI

Gunawan, W., Mastoah, I., Septantiningtyas, N., Wiyarno, Y., & Atiqoh, A. (2022). Pengaruh Strategi PBL dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 6(4), 6023–6029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3122

Harahap, S. D., Siregar, S. D., Nasution, D. S., & Hasibuan, A. (2022). Optimalisasi Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital. Acitya Bhakti, 2(1), 43. https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14521

Laely Nuriyah. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8). https://doi.org/10.5281/zenodo.5773190

Mata, P., Bahasa, P., & Hanun, S. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Terhadap Tingkat. 1291–1295.

Muhtasim, M. (2020). … Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Paedagogy, 2, 59–69. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3049%0Ahttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/3049/2081

Nurvina Sularso, A. (2020). Evaluation of Online Learning for English Practice Course in Akademi Telkom Jakarta. JUNI 2020 Journal of Informatics and Communications Technology, 21(1), 59–067. http://ejournal.akademitelkom.ac.id/j_ict/index.php/j_ict/article/view/50

Ping, L. (2022). Evaluation Method of English Learning Efficiency Based on Grey Management Analysis. Mathematical Problems in Engineering, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8510885

Priwati, N. B. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menulis (Writing) melalui Metode ASSURE Terintegrasi dengan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) pada Pelajaran Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 23–27. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.381

Retnary, I. W. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Jurusan Non-Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa, 2018, 200–210. https://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7520

Song, C. (2022). An Evaluation Method of English Teaching Ability Based on Deep Learning. Security and Communication Networks, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8339137

Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2021). Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Iv Di Mi Ma ’ Arif 03 Gentasari Tahun Pelajaran 2019 / 2020.

Surayya, S. A., Prasetyaningrum, A., & Lailawati, L. (2021). Pendampingan optimalisasi penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris sederhana untuk meningkatkan Creativity Quotient. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4172

Utami, N. M. V., Hikmaharyanti, P. D. A., & Putra, D. G. W. (2021). Pengenalan sistem pembelajaran daring serta evaluasi pengetahuan siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris [Introduction of online learning systems and evaluation of students’ knowledge in English lessons]. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2), 49–56. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/japamul/article/view/114

Xu, Y. (2022). English Speech Recognition and Evaluation of Pronunciation Quality Using Deep Learning. Mobile Information Systems, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/7186375

Yang, L. (2022). Evaluation System of English Blended Learning Effect Based on Big Data Technology. Security and Communication Networks, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/7597109

Zhang, C., Gao, M., Song, W., & Liu, C. (2022). Formative Evaluation of College Students’ Online English Learning Based on Learning Behavior Analysis. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(10), 240–255. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i10.31543

Zhao, J., Liang, K., & Hao, Y. (2021). Evaluation of English Teaching Effect Based on the Theory of Multiple Intelligences. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(22), 129–142. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i22.26881

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Nurfadilla, I. P. (2022). OPTIMALISASI GURU DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 1(3), 120–134. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JIPP/article/view/4762